Tips Hidup Hemat Mahasiswa Jogja

Posted by Unknown Tuesday 4 March 2014 0 comments

Tips Hidup Hemat ala Mahasiswa

Kali ini saya akan memberikan tips hidup hemat ala mahasiswa, semoga bermanfaat buat teman teman yang sedang kuliah atau merantau. gimana gan rasanya kuliah atau merantau jauh dari orang tua? susah susah enak kan? hehe banyak susahnya, karena saya tulis kata susah nya 2 kali dan enak nya 1 kali kan :D. serius!! semoga agan agan semua sehat ya. saya dulu seorang mahasiswa di Yogyakarta angkatan 2009. pada awal kuliah sih semua lancar, keuangan gak pernah kurang maklum, baru pertama pisah jadi orang tua masih khawatir melepas anak nya yang ganteng ini ,, hehe. selang waktu sebulan dua, tiga dan empat uang jajan makan bensin di kurangi karena saya terlalu boros. nahhh di situ saya bingung baru 1 minggu uang 500ribu habis. sedangkan bulanan hanya di jatah 1 juta.

Disini saya sangat bingung bagaimana saya hidup dengan uang 500rb untuk 3 minggu kedepan. saya berpikir di situ "saya anak mahasiswa ekonomi masa 500rb ga bisa di apa apain" . saya kasih prinsip ya gan "jangan menilai uang 500ribu itu 5 lembar uang 100 ribuan / 10 lembar uang 50 ribuan. tapi nilai lah uang 500 ribu adalah uang 1.000 yang banyaknya 500 lembar" :D banyak kan!! dari tadi saya kebanyakan curhat ya gan. oke, kita langsung aja ya ke TKP.
Tips Hidup Hemat Mahasiswa Jogja
Hidup hemat

Tips Hemat saya adalah
  • Beli magic com atau pemasak nasi. gak perlu yang besar gan cukup yang kecil untuk sendiri hara gak sampai 200ribu. masak nasi sendiri ternyata jauh lebih irit dari pada beli. yang sekarang harganya sudah 3ribu perbungkus nasi doang. sedangkan beras yang paling enak dan harum yang saya pakai harganya hanya 10500 aja/ kilo. bisa untuk 5 hari 3kali sehari gan makan!! misal 1 hari makan 2 kali saja = 2 x 3.000 = 6.000 sedangkan kalau masak nasi sendiri  10500 : 5 = 2.100 !! aja!! 
  • Beli kompor listrik portable sama wajan kecil. kenapa saya menyarankan beli ini? nanti saya bahas di tips ke-3. harga nya murah ada yang gak sampai 100 ribu. cari aja di web web jual barang gan.
  • Lauk!! nah ini dia yang biasanya bikin pada males masak di kost. untuk lauk agan bisa selang seling menunya, seperti hari ini telor, besok mie instan besoknya nugget dll. ini pentingnya kompor di sini agan bisa mix jenis makanan. satu lagi, beli lauk kering seperti kering tempe, kering kentang, abon sapi, bumbu pecel kering dan lauk lauk kering lainya harga di pasar murah banget kuat untuk 5 sampai 1 bulan gan. kalau untuk sayurnya agan beli segar 2 ribuan doang terus rebus aja sayur sayur nanti pakai bumbu pecel dari pada beli bisa 10rb lebih per porsi!! cukup enak kan  lauknya :D
  • Bensin. menyesiasati agar lebih irit ada disini, selain itu jangan beli yang ngecer, kurangi bepergian yang tidak ada guna dan tidak menghasilkan, atau cara yang lebih extrim lagi, agan cari teman yang bisa di boncengin :D katakan "minggu ini kamu yang jemput saya dulu sob, minggu depan di balik saya yang kamu jemput sob" hahahaha
  • Rokok. ini dia penyebab paling boros menurut saya :D  caranya agar bisa menyiasati rokok yang sudah seperti kenalpot yaitu  itu cari kesibukan di kamar kost, maen game yang gak bisa di pause :D buat tugas kuliah/ kerja atau tidur aja :D misal sudah di ubun ubun pingin merokok agan beli tembakau aja, 10 ribu sudah sama kertas manis. bisa untuk 1 minggu gan!! rasa ga kalah mantab!! nanti saya ajarkan cara tradisional ngrokok yang irit super di postingan selanjutnya :D
  • Minum. beli aja yang galon isi ulang cuma 5ribu bisa  untuk 2 minggu bahkan lebih.
  • Cuci pakaian, agan agan jangan laundry boros, bisa habis15-20 ribu seminggu. kan lumayan buat bensin dari pada nebeng :D modal 1.000 bisa buat beli 1 bungkus detergen untuk 5 lembar baju besar kok gan.
  • Kuliah. biasanya ada yang namanya tugas dan harus ada buku, agan cari aja teman teman kakak angkatan. bilang aja mau pinjam. hehe atau fotocopy :D ja usah beli yang asli #uuppps
  • Make up. nah ini untuk para wanita. karena saya bukan wanita atau cowo cucok jadi ga tau ya :D di cari aja caranya, kalau sudah dapet nanti share ke ane ya agan agan wati. hehehe
Sekarang kita hitung seberapa hematnya total bulanan nya sob: beras (2.100 x 30hari =  63.000) kompor dan wajan ( 150.000) lauk (kira kira ya 1 hari cuma 5.000 x 30 hari = 150.000) bensin (6.500per tiga hari x 10pengisian = 65.000) rokok (10.000 x 4 = 40.000) minum (5.000) cuci (20.000 kurang lebih saya 1 bulan) keperluan kuliah saya dulu (50.000/bln modal pinjam buku) hehe. Sekarang mari kita TOTAL : 63.000 + 150.000 + 150.000 + 65.000 + 40.000 + 5.000 + 20.000 + 50.000 =   543.000!!  

mungkin bagi agan agan masih terlalu boros. karena saya juga punya teman yang habis cuma 400 ribu per bulan. saya memberi tips bukan untuk menyiksa diri ya gan :D cuma skedar share pengalaman tanpa harus menyiksa diri agar irit :) semoga bermanfaat postingan tentang Tips Hidup Hemat Mahasiswa Jogja buat agan agan semua ya :)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Hidup Hemat Mahasiswa Jogja
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://boossan.blogspot.com/2014/03/tips-hemat-ala-mahasiswa.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments :

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of Semua Informasi .