Definisi, Pembagian serta Cara Menghilangkan Najis Dalam Islam

Posted by Unknown Tuesday 11 March 2014 0 comments
Definisi, Pembagian serta Cara Menghilangkan Najis Dalam Islam - Najis menurut syari'at islam adalah benda yang kotor dan telah ada dalil yang menetapkannya. Najis wajib dibersihkan menurut cara cara yang telah ditentukan oleh syara' karena akan menjadi penghalang dalam beribadah kepada Allah. yang termasuk dalam benda benda naji sadalah; bangkai(kecuali manusia, ikan dan belalang), darah, nanah, segala yang keluar dari kabul dan dubur, anjing, babi, minuman keras.

Menurut ahli fikih najis dibagi menjadi tiga yaitu;

  • Najis mukhaffafah (najis ringan) contohnya; air kencing bayi laki laki yang belum berumur dua tahun dan belum pernah makan sesuatu kecuali air susu ibu.
  • Najis mughallazah (najis berat) contohnya; anjing, babi dan keturunannya.
  • Najis muthawassithah (najis sedang) contohnya; semua yang keluar dari kubul dan dubur manusia. disini terbagi menjadi dua. najis 'ainiyah (ajis yang berwujud/ dapat dilihat) dan najis hukmiyah (najis yang tak terlihat seperti kencing yang sudah kering dsb)
Cara menghilangkan najis menurut islam dengan;
  • Barang yang kena najis mughallazah wajib dibasuh tujuh kali yang salah satu diantaranya dengan air yang bercampur tanah.
  • Barang yang terkena najis muthawassithah dapat dicuci dan dibasuh sekali asal sifat najisnya hilang. lebih baik lagi kalau disiran tiga kali.
  • Barang yang terkena najis mukhaffafah cukup diperciki air ditempat itu.
  • Untik najis hukmiyah menghilangkannya cukup dengan mengalirkan air saja pada najis tadi.
  • Najis ainiyah dengan menghilangkan sifat najisnya aja.
Jadi bersihkan diri agar bersih hati dan pikiran. semoga informasi yang saya berikan bermanfaat. materi refrensi mz labib.2005.Tuntunan Sholat Lengkap.Jakarta: penerbit Sandro Jaya. terimakasih sudah berkunjung :)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Definisi, Pembagian serta Cara Menghilangkan Najis Dalam Islam
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://boossan.blogspot.com/2014/03/definisi-pembagian-serta-cara.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments :

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of Semua Informasi .