Pengertian dan Teknik Pembuatan Artikel yang Baik

Posted by Unknown Sunday 9 March 2014 0 comments
Pengertian dan Teknik Pembuatan Artikel yang Baik - apa itu artikel? banyak definisi atau pengertian mengenai artikel yang di buat oleh para penulis secara umum. secara simpel saya mengartikan artikel ialah karangan tulis yang memuat kebenaran, usul/pendapat, atau informasi untuk di publikasikan oleh penulis dengan pemikiran tersendiri. tulisan membahas secara tuntas apa yang menjadi bahan pembicaraan yang tujuannya untuk sekedar informasi, menghibur dan mempengaruhi pembacanya.
pembuatan artikel
gambar dari

Sifat dari artikel itu sendiri ada banyak macamnya. artikel definisi / artikel sifatnya menjelaskan, memaparkan, menggambarkan suatu keadaan sehingga pembaca dapat menghayati. artikel persuasi / artikel yang sifatnya mempengaruhi pembacanya, artikel argumentasi / artikel yang sifatnya untuk membuktikan suatu data/ informasi dengan bukti atau fakta. artikel narasi / artikel yang sifatnya bercerita. di dalamnya juga penulisan harus diperhatikan. menggunakan gaya bahasa yang lugas, singkat dan jelas.

Bagian bagian artikel bisa saya kelompokan menjadi 4(empat) yaitu; judul, alinea pembuka, alinea penjelas dan alinea penutup. pembuatan artikel dapat dimulai dengan tahapan:

  • Pilih tema. ( yang sesuai dengan minat atau hobi, yang sedang hangat/ booming dibicarakan ex: pemilu 2014) 
  • Menentukan judul. (disini judul bisa ditentukan belakagan setelah kita mampu memahami isi tulisan)
  • Rangkai alinea pembuka. (semenarik mungkin, agar pembaca penasaran isi konten selanjutnya)
  • Paparkan maksud dan tujuan tema pada alinea penjelas. (paparkan dengan sejelas jelasnya)
  • Cari sumber/ refrensi untuk penulisan. (untuk memperkuat tulisan)
  • Gaya penulisan diperhatikan. (ilmiah / populer)
  • Kesimpulan pada alinea penutup ( memberikan intisari maksud tulisan)
  • Preview ulang. (sudah enak di baca atau belum)
  • Posting ke media masa.
Jadi menulis artikel iru sangat gampang asalkan tahu maksud dan tujuan apa yang mau kita ulas didalamnya. semoga posting saya kali ini bermanfaat. jika ada kesalahan mohon dinasehati. terimakasih dan selamat belajar membuat artikel teman.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian dan Teknik Pembuatan Artikel yang Baik
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://boossan.blogspot.com/2014/03/pengertian-dan-teknik-pembuatan-artikel.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments :

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of Semua Informasi .